Rabu, 20 Oktober 2010

cara mudah dan sederhana membuat kartu nama sederhana dengan program corel draw

berikut adalah beberapa langkah untuk membuat sebuah kartu nama sederhana namun cukup bisa dimanfaatkan. ilmu ini kami dapat dari guru pengajar mapel Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) di sekolah kami...
1. buka program aplikasi corel draw yang anda punya..
2. lalu supaya mempermudah ukuran kartu nama ubah satuan dalam cm (centimeter)
3. langkah selanjutnya adalah membuat kotak (persegi panjang) sebagai bentuk dasar kartu nama dan langsung beri ukuran pada kotak tersebut. misal 10cm x 6cm
4. lalu beri warna sesuai keinginan anda dengan menggunakan fountain fill dialog (karena pilihan warna yang disajikan lebih bagus) :)

apabila diklik akan muncul kotak dialog lalu pilih dan sesuaikan warna yang anda inginkan lalu klik ok.
5. setelah selesai sebagai hiasan butlah segitiga sembarang diluar kotak sebanyak 3 buah dengan menggunakan bezier tool
6. langkah selanjutnya gunakan shape tool untuk membuat garis miring pada segitiga menjadi bergelombang. caranya klik di sisi miring segitiga lalu klik convert line to curve lalu tarik salah satu titik dan tarik titik lain sehingga membentuk gelombang sesuai yang anda inginkan.lalu beri warna yang sesuai keinginan anda dengan aplikasi yang sama yaitu fountain fill dialog.
 7. selanjutnya gabungkan ketiga segitiga tersebut (satu per satu) kedalam kotak dengan menggunakan aplikasi powerclip. caranya dengan klik salah satu segitiga lalu klik effect lalu klik powerclip lalu klik place inside container.

lalu klik kotak (sebagai media yang ditempati segitiga) selanjutnya klik effect powerclip dan edit contents untuk memposisikan segitiga pada kotak sesuai dengan keinginan anda setelah selesai klik effect powerclip lalu finish editing this level.
(setelah diklik finish editing this level)
gunakan perintah yang sama terhadap kedua segitiga yang lain dan posisikan segitiga tersebut sesuai dengan keinginan anda. (hasilnya seperti berikut)
8. design dasar atau background sudah selesai tinggal anda isikan beberapa info penting tentang anda semisal nama, nomor telepon & HP, alamat rumah, nama perusahaan, alamat perusahaan, email dsb menggunakan text tool.
(hasil setelah di zoom out)
9. selesai sudah kartu nama sederhana yang cukup fungsional. :)
jika anda ingin menyimpannya dengan format lain misal JPG group semua yang ada disitu (mulai dari kotak segitiga dan tulisan) dengan drag mouse selebar lebarnya hingga semua tersentuh lalu klik kanan group atau ketik Ctrl+G.
 selanjutnya klik file export
beri nama file dan pilih tempat penyimpanan file serta pilih format file (misal JPG) lalu klik export lalu klik ok dan ok (berikut adalah kotak dialog terakhir)
10. dan inilah hasil kartu nama sederhana dan fungsional yang kita buat :)
mudah bukan membuatnya???
terimakasih sudah membaca dan semoga bermanfaat. :)
(maaf apabila ada salah kata atau kurang info karna saya masihbelajar :) mohon dimaafkan)
[terimakasih kepada pak Ludfi atas ilmunya... :))]
By: FIRDAUSA R./ XII IPA05 




1 komentar: